Kamis, 06 September 2007

Visi dan Misi Tim FAKTA

Visi

Para pendiri dan pengurus FAKTA menyadari dan terpanggil untuk membentangi akidah umat Islam dari bahaya pemurtadan dan menegakkan dakwah baik internal maupun eksternal kepada Ahli Kitab kepada kalimat Tauhid dengan hikmah, pelajaran yang baik (mau'izhah hasanah), dialog/debat yang baik (mujadalah allatii hiya ahsan) sesuai dengan perintah Allah dalam Al-Quran:

"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yanglebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk" (Qs. An-Nahl 125).

"Katakanlah: Hai Ahli Kitab, marilah berpegang kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatu pun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai Tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: Saksikanlah, bahwa kai dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu; dan kami hanya kepada-Nya berserah diri" (Qs. Aali 'Imraan 64).

"Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang zalim diantara mereka, dan katakanlah: Kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada kami danyang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu; dan kami hanya kepanya-Nya berserah diri" (Qs. Al 'Ankabut 46).


Misi
Dengan hanya mengharapkan ridha Allah Subhanahu wa Ta'ala semata, FAKTA memiliki misi utama:

  1. Menjadi pusat informasi dan "crisis center" bagi para korban pemurtadan
  2. Menjadi forum bersama umat Islam dalam mencegah upaya-upaya pemurtadan dan pendangkalan di Indonesia.
  3. Memberikan imunisasi akidah umat dari bahaya pemurtadan.
  4. menyampaikan bahwa Islam adalah satu-satunya agama yang benar (dinul haq) kepada masyarakat muslim dan non muslim melalui beragam bentuk taklim, diskusi, dialog agama, pelatihan dan penerbitan.

Tidak ada komentar: